Dibalut Kostum Wayang, 60 Peserta Ramaikan Festival Paralayang di Kulonprogo

Kuntadi ยท Minggu, 24 Juli 2022 - 14:23:00 WIB
Dibalut Kostum Wayang, 60 Peserta Ramaikan Festival Paralayang di Kulonprogo
Salah pilot paralayang beruasha landing di Lapangan Banjarasri, Kulonprogo, Minggu (24/7/2022). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Sebanyak 60 pilot paralayang meramaikan Festival Paralayang bertajuk Girisembung Paralayang Wisata di Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, Minggu (24/7/2022). Paralayang ini cukup unik, karena peserta mengenakan berbagai kostum wayang

Terbang dengan kostum wayang seperti Anoman, Janaka, Dewi Sinta hingga Punokawan jarang ada. Bahkan bisa jadi baru pertama kali dilakukan di Kulonprogo. Namun hal itu tidak mengganggu peserta untuk ambil bagian dalam olahraga ini. Peserta tampak menikmati olahraga aeromodelling yang take off dari Bukit Sembung dan landing di Lapangan Banjarasri. Meski begitu ada beberapa yang terpaksa landing di persawahan dan melesat jauh dari target.

Sejumlah pejabat ikut terbang tandem dalam festival ini, di antaranya Irda Rudiyanto, Sekretaris DPRD Sarji, Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini, Dandim hingga staff ahli bupati. 

“Ini penyelenggaraan paralayang tahun kedua untuk membangkitkan industri pariwisata yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito, Minggu (24/7/2022).

Menurutnya, antusias peserta cukup tinggi. Awalnya panitia hanya menargetkan peserta dari Jawa-Bali saja. Namun ada peserta yang datang dari Padang dan Papua. Kegiatan ini untuk menggairahkan pariwisata yang diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.   

Peserta sengaja diminta untuk mengenakan kostum wayang, sebagai bagian melestarikan budaya dan seni tradisi yang ada di masyarakat. Nilai kearifan lokal masyarakat Yogyakarta ini dipadukan dengan pariwisata kolaboratif yang menggabungkan dari berbagai dinas.   

“Kegiatan ini sejalan dengan visi pariwisata kami dengan kolaboratif berbasis budaya, makanya peserta mengenakan kostum wayang,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: