Di Luar Dugaan, Capaian Pajak Hotel di Kota Jogja pada 2021 Capai Rp63 Miliar

Antara ยท Minggu, 23 Januari 2022 - 21:23:00 WIB
Di Luar Dugaan, Capaian Pajak Hotel di Kota Jogja pada 2021 Capai Rp63 Miliar
Pemkot Yogyakarta mencatat capaian pajak hotel pada 2021 mencapai Rp63 miliar dari target Rp45 miliar. (Foto: Ilustrasi/Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id – Realisasi pajak hotel di Kota Yogyakarta pada 2021 di atas target yang ditentukan. Kondisi pandemi Covid-19 pada tiga bulan terakhir mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan yang berdampak meningkatnya tingkat hunian kamar hotel. 

Pada 2021, Pemerintah Kota (pemkot) Yogyakarta hanya menargetkan pajak hotel sebesar Rp45 miliar. Namun pada akhir tahun lalu, realisasinya sudah mencapai Rp63 miliar.

"Di luar dugaan, pajak hotel justru melebihi target yang ditetapkan," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Wasesa di Yogyakarta, Minggu (23/1/2022).

Wasesa mengatakan, aktivitas wisata di Yogyakarta pada awal hingga pertengahan tahun stagnan. Pemberlakuan PPKM level 3 menjadikan wisata terpuruk. Namun setelah pertengahan tahun  muncul harapan baru, setelah PPKM turun ke level 2. Bahkan pada akhir tahun kunjungan wisata mengalami peningkatan cukup spesifik.

Pada akhir tahun, hampir seluruh hotel di Kota Yogyakarta kebanjiran tamu. Rata-rata tingkat hunian kamar mencapai 70 persen. 

“Aktivitas pariwisata yang kembali bergeliat menjelang akhir tahun menjadi faktor pendorong meningkatnya penerimaan pajak hotel di Kota Yogyakarta,” ujarya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: