Diwarnai Adu Mulut, 6 Kios Pedagang Depan Stasiun Wates Dibongkar Satpol PP

Kuntadi · Jumat, 12 Agustus 2022 - 17:55:00 WIB
Diwarnai Adu Mulut, 6 Kios Pedagang Depan Stasiun Wates Dibongkar Satpol PP
Petugas Satpol PP dan pendamping pedagang berdebat sebelum lapan PKL dibongkar. (Foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Enam kios pedagang kaki lima (PKL) yang ada di selatan Stasiun Wates, Kulonprogo dibongkar petugas Satpol PP. Meski sempat diwarnai protes pedagang dan pendamping dari LBH Yogyakarta, namun bejalan dengan damai. 

Sebelum dibongkar, petugas Satpol PP membacakan surat perintah penertiban dengan mendasarkan pada surat peringatan ketiga (SP 3). Namun hal ini ditolak pedagang dan tim pendamping. Perdebatan sempat mewarnai ini, meski akhirnya pedagang merelakan lapak dagangan dibangun sejak 2014 dibongkar. 

“Pembongkaran ini mendadak. Padahal lahan ini milik Pakualaman dan kami sedang negosiasi ke sana,” kata Mujino, salah satu pedagang. 

Selama ini pedagang tidak pernah mendapatkan surat peringatan, tahu-tahu sudah SP3. Padahal saat audiensi ke Wakil Bupati beberapa waktu lalu, ada ruang untuk mediasi.
   
Pedagang yang lain, Kelik Haryana menambahkan PT KAI pernah memberikan janji kepada para PKL ketika ia masih berjualan di dalam area stasiun untuk dibuatkan lapak yang akan ditempatinya. Namun hingga saat ini, janji itu belum juga terealisasi. 

"Kita ini jualannya di sini, cari makan di sini. Kami masih berjuang bagaimana caranya kita bernegosiasi untuk bertahan. Ini tanah PA (Pakualaman) bukan PT KAI," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: