Kasus Covid-19 Kembali Naik, Begini Pandangan Epidemiolog UGM

Kuntadi ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 10:53:00 WIB
Kasus Covid-19 Kembali Naik, Begini Pandangan Epidemiolog UGM
Kasus Covid-19 meningkat, Epidemiolog sepakat untuk mengetatkan penggunaan masker (Foto: Ilustrasi/Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kasus Covid-19 dalam sepakan belakangan mengalami peningkatan. Hal ini tidak lepas dari tingginya tingkat mobilits masyarakat dan banyak yang mulai abai dengan penggunaan masker

Faktor utama kenaikan kasus Covid-19 karena mobilitas masyarakat yang cukup tinggi. Namun kebiasaan penggunaan masker menurun, terutama di dalam ruangan termasuk transportasi publik dan tempat ibadah,” kata Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Bayu Satria Wiratama dalam keterangan tertulisnya Kamis (14/7/2022). 

Kondisi ini diperparah dengan anggapan masyarakat yang menilai enteng gejala Covid-19. sementara capaian vaksinasi terus melemah, khususnya untuk vaksin booster
 
Menurutnya, pemerintah sangat tepat dengan keputusan untuk kembali melakukan pengetatan pemakaian masker. Ini merupakan salah satu upaya mencegah peningkatan kasus. 
 
“Saya rasa imbauan itu sudah tepat untuk tetap menggunakan masker terutama didalam ruangan,” ujarnya. 

Menurutnya penggunaan masker sangat krusial saat berada di keramaian, dalam ruangan seperti sekolah, kantor tempat ibadah, maupun transportasi publik. Lokasi ini memiliki risiko tinggi terjadinya penularan apabila terdapat orang yang terinfeksi Covid-19.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: