Ketua DPD LaNyalla Sebut Amandemen UUD 1945 sebagai Kecelakaan Konstitusi

Kuntadi · Kamis, 23 Juni 2022 - 21:15:00 WIB
Ketua DPD LaNyalla Sebut Amandemen UUD 1945 sebagai Kecelakaan Konstitusi
Ketua DPD LaNyalla membuka FGD Amandemen Konstitusi dalam Rangka Pengembangan Kedaulatan Rakyat di Yogyakarta, Kamis (23/6/2022). (Foto: Inews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AA LaNyalla M Mattalitti mengatakan, amandemen UUD 1945 telah membajak kedaulatan rakyat hilang dari tangan rakyat. Amandemen telah menjadi kecelakaan konstitusi, sehingga konstitusi negara ini harus dikembalikan ke Pancasila.  

“Kedaulatan rakyat telah dibajak dan hilang dari tangan rakyat akibat perubahan konstitusi yang dilakukan pada 1999 hingga 2022,” LaNyalla pada Focus Group Discussion “Mengembalikan Kedaulatan Rakyat, di Gedung DPD kantor Perwakilan DIY, Kamis (23/6/2022). 

Menurutnya, ada persoalan sama yang dihadapi di seluruh daerah, yaitu ketidakadilan dan kemiskinan struktural yang sulit dientaskan. Penyebabnya karena tidak menggunakan pendekatan parsial dan sektoral. Hal ini karena masalah ada di hulu, yakni negara ini semakin sekuler, liberal dan kapatalistik. 

“Sejak saat itu (Amandemen), bangsa ini telah meninggalkan Pancasila sebagai pemandu arah perjalanan bangsa ini,” .

Dikatakannya, Mantan Wakil Presiden try Soetrisno menyebut bukan amandemen yang dilakukan di Indonesia. Namun mengganti  konstitusi, karena sistem tata negara berubah semuanya.  

“Amandemen ini melanggar prinsip adendum karena yang dilakukan secara besar-besaran,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: