Kuliner Unik, Es Dawet Daun Kelor Campur Ikan Tengiri Miliki Nilai Gizi Tinggi

Budi Utomo ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:02:00 WIB
Kuliner Unik, Es Dawet Daun Kelor Campur Ikan Tengiri Miliki Nilai Gizi Tinggi
Seorang konsumen menikmati es iteng dalor yang menggunakan bahan daun kelor dna ikan tengiri. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id – Es Cendol atau es dawet telah menjadi salah satu minuman yang melegenda di Indonesia menggunakan bahan tepung beras. Di kabupaten Kulonprogo ada minuman es cendol yang dikombinasikan dengan daun kelor dicampur ikan tengiri. 

Sejak 2010, Puji Rahayu mengembangkan es dawet ikan tengiri daun kelor yang dikenal es dawet iteng dalor. Di rumahnya di Padukuhan VII, Cerme, Panjatan, setiap harinya dia bisa menjual es dawet hingga ratusan gelas. Bahkan ketika bulan puasa, permintaan akan semakin banyak.

Es Dawet Iteng Dalor, terinspirasi dari es dawet hitam yang banyak dijual di Purworejo. Dari situlah dia mencoba membuat dawet di rumahnya menggunakan tepung beras dan berhasil. Agar memiliki cita rasa yang lebih nikmat dalam penyajiannya dicampur santan matang dan gula kelapa. 

“Awalnya saya buat dawet biasa, terinspirasi pedagang dawet di Purworejo yang jumlahnya cukup banyak,” katanya. 

Belakangan perempuan yang akrab disapa Bu Ning ini mencoba mengkolaborasikan berbagai bahan. Salah satunya daun kelor dan ikan tengiri. Daun kelor dipercaya memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Sedangkan ikan tengiri memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi. 

“Inovasi ini muncul saat Menoreh Food Festival lalu untuk membuat makanan dan minuman olahan berbahan ikan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: