Menikmati Eksotisme Niagara di Grojogan Watu Purba Sleman

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 15:39:00 WIB
Menikmati Eksotisme Niagara di Grojogan Watu Purba Sleman
Destinasi wisata baru Grojogan Watu Purba di Bangunrejo di Merdikorjo, Tempel, Sleman ini selalu dipadati pengunjung. (Foto : iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id - Kabupaten Sleman, kini memiliki destinasi wisata baru yang tengah digandrungi para wisatawan. Grojogan Watu Purba di Bangunrejo, Merdikorjo, Tempel, Sleman ini setiap hari, terutama pagi dan sore selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Apalagi jika hari libur, lokasi ini penuh dengan pengunjung. Baik yang memakai kendaraan bermotor maupun dengan sepeda. Hal tersebut disebabkan para wisatawan penasaran dengan keindahan Grojogan Watu Purba. Karena memberikan pemandangan yang seklias mirip air terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada lokasi ini sering disebut sebagai Niagara KW 3.

Grojogan Watu Purba sendiri menyajikan wisata alam air terjun dari enam sabo dam di aliran Sungai Krasak yang tersusun bertingkat dengan ketinggian bervariasi antara tiga meter hingga tujuh meter. Dari masing-masing sabo dam tersebut dapat dikunjungi wisatawan. Namun dari enam sabo dam itu yang paling banyak dikunjungi yakni di bawah aliran dam terbawah.

Dari sini wisatawan dapat melihat air dari dam tertinggi sampai ke bawah yang mengalir dengan teratur seperti air terjun dan jika cuaca cerah wisatawan bisa menikmati gagahnya Gunung Merapi yang ada di atas Grojogan Watu Purba. Tak mengherangkan, dasar bawah dam Grojogan Watu Purba menjadi objek buruan wisatawan yang ingin berswafoto atau selfie dengan latar air terjun dari Sabo Dam dan Gunung Merapi.

Hanya saja untuk menuju Gorjogan Watu Purba, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari tempat parkir kendaraan. Namun untuk menuju lokasi Grojogan Watu Purba sangat mudah sebab sudah ada jalan cor menuju lokasi termasuk ada pegangan di kanan kiri jalan berundak. Saat memasuki jalan ke sabo dam paling bawah, harus hati-hati sebab, jalan masih berupa tanah dan jika hujan licin.

Editor : Ainun Najib