Menteri PPA Bintang Puspayoga Resmikan 2 Kalurahan di Kulonprogo Ramah Perempuan dan Anak

Kuntadi ยท Jumat, 19 November 2021 - 10:58:00 WIB
Menteri PPA Bintang Puspayoga Resmikan 2 Kalurahan di Kulonprogo Ramah Perempuan dan Anak
Menteri PPA Bintang Puspayoga launching dua kalurahan di Kulonprogo layak perempuan dan analk. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meresmikan Kalurahan Banjarharjo (Kalibawang) dan Kalurahan Tanjungharjo (Nanggulan) sebagai Kalurahan Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DPPPA) di Kabupaten Kulonprogo. Kementerian PPA sebelumnya menetapkan 67 kabupaten/kota ramah anak dan perempuan termasuk Kulonprogo.

“Konsep DRPPA ini mengintegrasikan perspektif gender dan ramah anak disetiap tata kelola pemerintahan. Demikian juga dalam pembangunan di tingkat desa secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan,” kata Gusti Ayu, yang akrab disapa Bintang Puspayoga Jumat (19/11/2021).

Ada 10 indikator  menjadi DRPAA, yakni pengorganisasian perempuan dan anak di desa, tersedianya data desa yang memuat data pilah tentang perempuan dan anak. Selain itu juga tersedianya Peraturan Desa(Perdes) tentang DRPPA, pembiayaan dari keuangan desa dan pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa.

Selain itu, prosentase keterwakilan perempuan di pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa(BPD), lembaga kemasyarakatan desa, dan lembaga adat desa. Juga adanya persentase perempuan wirausaha di desa, utamanya perempuan kepala keluarga, penyintas bencana, dan penyintas kekerasan.

“Semua anak di desa harus mendapatkan pengasuhan berbasis hak anak. Tidak ada kekerasan terhadap perempuan dan anak(KTPA) dan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Tidak ada pekerja anak dan Tidak ada perkawinan anak,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: