Pemda DIY Wajib Jamin Kehidupan Warga Terdampak Covid-19

Ainun Najib ยท Senin, 05 Juli 2021 - 20:35:00 WIB
Pemda DIY Wajib Jamin Kehidupan  Warga Terdampak Covid-19
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto meminta Pemda DIY menjamin kehidupan warga yang terdampak pandemi Covid-19. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah secara resmi telah menetapkan PPKM Darurat. Pembatasan aktivitas warga dalam PPKM Darurat ini berdampak pada berkurangnya aktivitas ekonomi warga. DPRD DIY mendesak Pemda DIY menjamin kehidupan warga yang terdampak pandemi Covid-19 termasuk aspek kehidupan ekonomi masyarakat. 

"Pemerintah daerah harus punya skema strategi agenda pemulihan ekonomi bagi rakyat. Secara ekonomi rakyat harus dibangkitkan, ini penting sebab seluruh sektor terdampak pandemi," kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam siaran pers yang diterima wartawan, Senin, (5/7/2021).

Menurut Eko, pembatasan aneka kegiatan warga akibat pemberlakuan PPKM Darurat jelas mengurangi aktivitas perekonomian. Kehidupan warga yang terdampak Covid-19 butuh dijamin pemerintah daerah agar terpenuhi kebutuhan pokoknya. "Pemda bisa alokasikan APBD DIY untuk siapkan skema pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY ini, kebijakan pemulihan ekonomi rakyat harus bisa segera di bangkitkan seiring dengan penguatan sistem pelayanan kesehatan kepada warga. “ Tidak boleh satu pun rakyat yang kelaparan,” kata Eko Suwanto. 

Menurut Eko aspek lain yang harus diperjuangkan, di antaranya adalah jaminan kebutuhan pangan bagi warga terdampak khususnya yang sedang melalukan isolasi mandiri. 

Selain itu percepatan belanja APBD untuk membeli produk rakyat yang digunakan untuk mendukung penanggulangan covid maupun operasional pemda. Eko mencontohkan, membeli masker bisa dilakukan di Yogya atau kebutuhan lainnya. 

“Intinya APBD harus dibelanjakan di DIY agar perekonomian rakyat bergerak," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: