Pusat Desain Industri Nasional Beroperasi Bulan Depan, Fokus untuk 3 Komoditas

Antara ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:29:00 WIB
 Pusat Desain Industri Nasional Beroperasi Bulan Depan, Fokus untuk 3 Komoditas
Gedung Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) di Yogyakarta sudah hampir selesai. Bulan Januari depan PDIN ditarget akan mulai beroperasi. (Foto : HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) ditargetkan akan beroperasi Januari 2023 atau bulan depan. PDIN saat ini masih dalam tahap pembangunan di bekas lahan Terminal Terban Yogyakarta.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto mengatakan Kegiatan utama PDIN adalah pada riset dan pengembangan desain industri. 

"Sebagai permulaan, akan difokuskan pada komoditas kayu, logam, dan fesyen beserta semua turunannya,” kata Karyadi di Yogyakarta, Sabtu (3/12/2022).

Sejumlah bentuk pelayanan bisa diakses pelaku industri kecil menengah (IKM) di PDIN. Antara lain workshop, konseling hingga dukungan bagi desainer atau pelaku IKM

"Tidak ada penjualan produk IKM dalam skala massal di PDIN. Tetapi kami fokus pada pelayanan riset dan desain,” ujar Karyadi.

Tak hanya pelaku IKM di Kota Yogyakarta dan DIY saja, namun pelaku IKM di seluruh Indonesia bisa mengakses layanan PDIN. “Misalnya mereka membutuhkan saran mengenai jenis produk yang tengah diminati pasar maka bisa datang ke PDIN,” ujarnya.

Atau jika membutuhkan layanan untuk membantu pelaku IKM membuat desain atau prototipe produk, maka mereka bisa memesan prototipe produk ke PDIN. "Tentunya ini berbayar,” ucapnya.

Dia memastikan, desain dan prototipe produk yang dihasilkan PDIN bukan merupakan desain yang remeh temeh. "Tetapi tentu desain yang berkualitas sehingga mampu memiliki daya saing di pasar nasional bahkan hingga ke pasar internasional," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: