Gandeng Komunitas Sepeda, Dinas Pariwisata DIY Coba Hidupkan Sport Tourism

erfan erlin ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00:00 WIB
Gandeng Komunitas Sepeda, Dinas Pariwisata DIY Coba Hidupkan Sport Tourism
Kepala dinas pariwisata DIY, Singgih Rahardja melepas rombongan pesepeda menuju Pantai Kukup. (Foto : MPI/erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Dinas Pariwisata DIY kolaborasi dengan komunitas sepeda Jogja Pit Ringkes (JPR) dan Jogja Punya Roadbike (JPR RoadBike) melaksanakan kegiatan olahraga Karo Reresik dengan tema Mangkat Gasik. Mangkat gasik ini kepanjangan dari Bersama Masyarakat Olahraga karo Reresik. 

Sabtu (3/12/2022) pagi, puluhan pecinta olahraga sepeda dari dua komunitas ini berangkat dari Taman Budaya Gunungkidul (TBG) dan berakhir atau finish di Pantai Kukup Gunungkidul. Didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Mantoro, Flying Flag Start dilakukan oleh Kepala Dinas  Pariwisata DIY, Singgih Raharjo.

Keduanya nampak juga turut bersepeda menempuh jarak kurang lebih 40 km. Mereka menyusuri jalan Baron untuk menuju ke Pantai Kukup Kalurahan Kemadang Kapanewon Saptosari Gunungkidul. Di Pantai Kukup mereka kemudian melakukan aksi bersih-bersih sampah.

Koordinator kegiatan, Eta Fitria menuturkan kegiatan Mangkat Gasik  ini tidak hanya dilakukan oleh peseda saja, tetapi kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat serta pengelola destinasi wisata. 

Mereka berusaha mewujudkan bakti pariwisata bersama-sama menjaga kebersihan sestinasi wisata dengan tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga. "Peserta yang mengikuti sepeda kami batasi kurang lebihnya 100 pesepeda," ujar Eta, Sabtu (3/12/2022).

Eta menambahkan kegiatan Mangkat Gasik sengaja dilakukan untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan serta menyehatkan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya mereka menghidupkan sport tourism di Gunungkidul.

Kegiatan bernuansa sport tourism atau wisata olahraga ini diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan berbagai destinasi yang berada di beberapa Kapanewon di Gunungkidul dikancah nasional. 

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung visi misi bupati yakni pariwisata, ekonomi kratif dan juga investasi.  Dengan tingginya minat wisatawan ke Gunungkidul diharapkan kegiatan ini mampu mengenalkan potensi sport tourism di wilayah ini.

Singgih Raharja menuturkan, Pandemi Covid-19 telah membuat industri pariwisata di DIY sempat terpuruk. Jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang cukup drastis karena memang ada beberapa aturan yang harus dipatuhi.

Covid-19 sudah mulai menunjukkan tren penurunan dan sudah ada penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 ke level 3. Pembatasan kegiatan masyarakat sudah banyak berkurang dibanding dengan ketika PPKM Level 4. "Namun demikian, kita bersyukur sekarang sudah mendekati normal," kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: