Siapkan SDM Pariwisata, Badan Otorita Borobudur Latih Warga Sekitar Menoreh Highland

Kuntadi ยท Selasa, 22 November 2022 - 21:03:00 WIB
Siapkan SDM Pariwisata, Badan Otorita Borobudur Latih Warga Sekitar Menoreh Highland
Badan Otorita Borobudur melatih 20 pelaku wisata di bawa zona otorita BOB. (foto: inews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Borobudur (BOB) melatih 20 pelaku desa wisata di bawah zona otorita di wilayah Kulonprogo, Magelang dan Purworejo. Peserta juga akan diberikan sertifikasi hospitality dan akan menjadi tenaga kerja di wilayah Borobudur Highland. 

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika mengatakan, pihaknya terus melakukan pembangunan kawasan wisata terpadu di perbukitan Menoreh. Harapannya akan menjadi triger perekonomian di wilayah DIY dan Jawa Tengah. 

“Mereka yang dilatih ini nantinya akan mengisi kebutuhan tenaga kerja. Kami hanya akan menerima dari warga sekitar agar ada perputaran ekonomi,” kata Bisma, Selasa (22/11/2022). 

Pelatihan ini berkolaborasi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata dan Spa Indonesia. Pelatihan dilaksanakan selama tujuh hari dengan materi teori maupun praktek. Pada hari terakhir peserta akan mengikuti ujian sertifikasi, untuk menilai kelayakannya sebagai calon pelaku destinasi unggulan tersebut.

Para peserta sebelumnya telah menjadi bagian dari desa wisata penyangga zona otorita Borobudur, seperti home stay dan usaha yang lain. Setidaknya ada empat skema pelatihan yang ditempuh meliputi, Front Office (Bell Boy), Waiters, House Keeping (Public Area Cleaner & Room Attandent).

"Kami ingin mempersiapkan SDM Parekraf yang terampil dan tersertifikasi, sebagai upaya menghadapi resesi global 2023 dan pemulihan perekonomian nasional, terutama di destinasi pariwisata super prioritas Borobudur," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: