Tuntut Penuntasan Kasus Kekerasan di Lapas Narkotika, Eks WBP Gelar Aksi Diam

Antara · Rabu, 24 November 2021 - 19:35:00 WIB
Tuntut Penuntasan Kasus Kekerasan di Lapas Narkotika, Eks WBP Gelar Aksi Diam
eks mantan WBP menggelar aksi diam menuntut penuntasan kasus keekrasan di Lapas IIA Narkotika Yogyakarta. (Foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id – Mantan warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA melakukan aksi diam di depan Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Rabu (24/11/2021). Mereka menuntut penanganan kasus kekerasan di Lapas Narkotika agar dituntaskan. 

Aksi ini dilakukan oleh korban kekerasan dan saksi dalam kasus dugaan kekerasan dan pelecehan seksual oleh oknum petugas Lapas Narkotika Yogyakarta. Aksi ini juga diikuti warga binaan yang berstatus cuti bersyarat (CB) dan pembebasan bersyarat (PB). 

Mereka melakukan aksi diam dengan melakban mulutnya. Mereka mmebentangkan spanduk dan poster dengan berbagai tulisan, di Tolak Kekerasan dalam Lapas, Keadilan Sama Dengan No, 'Tolong Kami dan beberapa tulisan lainnya. 

"Kami mendesak Ombudsman dan Komnas HAM segera mengeluarkan rekomendasi kepada Kanwil Kemenkum HAM DIY atas kejadian kekerasan berupa penyiksaan dan perbuatan yang merendahkan martabat kami sebagai manusia," kata koordinator aksi Luthfi Farid.

Melalui aksi ini mereka berharap kasus kekerasan di dalam lapas Narkotika yang terletak di Pakem, Sleman untuk dihentikan. Kasus ini tidak terulang lagi di kemudian hari, dan dibutuhkan upaya pencegahan. Salah satunya dengan keseriusan dari lapas dan kanwil Kemenkumham DIY.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: