UGM Kembangkan Candi Borobudur Versi Metaverse, Begini Konsepnya

Antara ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 10:28:00 WIB
UGM Kembangkan Candi Borobudur Versi Metaverse, Begini Konsepnya
Penemuan di Indonesia yang mendunia, Candi Borobudur. (Foto: Dok Sindonews)

SLEMAN, iNews.id - Center of Excellence in Metaverse Science Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) akan meluncurkan purwarupa atau prototipe Candi Borobudur versi dunia virtual metaverse. Nantinya, siapapun bisa melihat detail Candi Borobudur tanpa harus datang naik ke atas Candi yang ada di Magelang, Jawa Tengah. 

Koordinator Center of Excellence in Metaverse Science FMIPA UGM Wiwit Suryanto mengatakan, Purwarupa ini dirancang bersama PT Arutala Digital Inovasi yang merupakan salah satu bisnis rintisan bergerak di bidang virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) di Yogyakarta.

"Kami mulai rancang di bulan Juli ini dan akan diluncurkan September saat Dies Fakultas Mipa,”kata Wiwit, Selasa (5/7/2022).  

Gagasan mengenai konsep Candi Borobudur versi virtual di metaverse sudah dikaji sejak awal. Bahkan sejak Center of Excellence in Metaverse Science diresmikan pada awal 2022. Tujuannya agar masyarakat yang memiliki kendala fisik, usia, maupun kendala lainnya tetap bisa merasakan pengalaman menjelajahi setiap sudut Candi Borobudur tanpa secara langsung menaiki bangunan asli candi.

”Dengan teknologi virtual reality (VR), nantinya masyarakat dapat menyaksikan bentuk utuh bangunan candi,” kata pria yang menjabat Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UGM. 

Bagi sebagian orang, penyajian seperti ini tidak akan mmebuat puas. Mereka tetap harus naik untuk langsung kondisi Candi Borobudur sehingga wisatawan dipastikan tetap akan ramai. 

“Kalau hanya ingin melihat relief, ingin belajar sejarah saya kira dengan metaverse bisa menggantikan objek aslinya," kata dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: