Warga Miskin di Jogja Mulai Gunakan Layanan Bantuan Hukum Gratis

Antara ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:14:00 WIB
Warga Miskin di Jogja Mulai Gunakan Layanan Bantuan Hukum Gratis
Ilustrasi layanan hukum. Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, iNews.id - Warga miskin di Kota Yogyakarta mulai manfaatkan layanan hukum gratis. Layanan ini diluncurkan Pemkot Jogja pada Februari 2022 bekerja sama dengan 22 organisasi bantuan hukum (OBH).

Subkoordinator Kelompok Substansi Bantuan Hukum dan HAM Bagian Hukum Pemerintah Kota Yogyakarta Saverius Vanny Noviandri di Yogyakarta, Jumat (5/8/2022) mengatakan sebenarnya layanan ini tidak hanya menangani bantuan untuk litigasi saja tetapi ada juga bantuan nonlitigasi yang sudah dimanfaatkan masyarakat miskin.

Hingga saat ini, katanya, sudah ada empat organisasi bantuan hukum (OBH) yang memberikan bantuan kepada masyarakat miskin Kota Yogyakarta yang sedang menghadapi beberapa perkara, seperti pencurian dan perceraian.

Menurut dia, layanan bantuan hukum untuk warga miskin tersebut hanya bisa diakses warga Kota Yogyakarta dibuktikan dengan kepemilikan identitas kependudukan.

"Meskipun lokasi perkara bukan di Kota Yogyakarta, bantuan hukum tetap bisa diberikan asalkan mereka adalah warga Kota Yogyakarta dan OBH menyetujuinya," katanya.

Dasar hukum pemberian bantuan hukum untuk warga miskin tersebut adalah Perda Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum dan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 21 Tahun 2020 sebagai petunjuk pelaksanaannya.

Seharusnya, lanjut dia, layanan bantuan hukum untuk warga miskin tersebut direncanakan diluncurkan pada 2021, tetapi ada regulasi baru terkait alokasi anggaran dalam bentuk bantuan sosial sehingga peluncuran layanan baru bisa dilakukan pada awal 2022.

Setiap OBH akan memperoleh alokasi anggaran sekitar Rp12 juta yang terbagi untuk kebutuhan litigasi hingga perkara "inkracht Rp8 juta dan sisanya untuk nonlitigasi. Alokasi anggaran untuk bantuan hukum tersebut masuk dalam pos bantuan sosial.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: