Wisata Alam Goa Pindul di Yogyakarta, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Reza Rizki Saputra ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 17:48:00 WIB
 Wisata Alam Goa Pindul di Yogyakarta, Surga Tersembunyi di Gunungkidul
Wisata alam Goa Pindul di Yogyakarta adalah 'surga' tersembunyi di Gunungkidul. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apakah kamu pernah mengunjungi wisata alam Goa Pindul di Yogyakarta? Jika belum, simak artikel berikut untuk pembahasan lengkapnya!

Goa Pindul merupakan wisata kekinian yang banyak digemari dan telah diketahui oleh banyak wisatawan. Bahkan, pesonanya pun terdengar di berbagai kalangan wisatawan. 

Pesona wisata Goa Pindul dapat dikatakan berbeda dari yang lainnya. Goa Pindul merupakan salah satu objek wisata alam susur goa bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong.

Wisata alam Goa Pindul berlokasi di Dusun Gelaran II, RT/RW 003/016 Gunungbang Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Wisata alam ini berada kurang lebih 7 Km dari pusat Kota Wonosari yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Gunungkidul dan dapat dicapai dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta.

Sejarah Goa Pindul 
Nama Goa Pindul diambil dari nama Pindul. Kata Pindul itu sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu “Pipi” dan “Kebendul” Jadi, bisa disingkat sebagai dengan nama Pindul. Goa ini telah terbentuk sejak zaman dahulu, menjadikannya salah satu goa alami yang dimiliki oleh Gunungkidul. Goa ini diperkirakan terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu.

Wisata alam yang satu ini juga dikaitkan dengan sebuah Legenda yang bercerita tentang dua orang utusan dari senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang diutus untuk membunuh bayi. Tetapi mereka mengurungkan niat membunuhnya karena bayi itu meluluhkan hati mereka.

Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya ke tanah yang kemudian, membentuk sebuah lubang. Dibawahnya terdapat aliran arus air yang begitu jernih. Ketika mereka berdua memandikan bayi tersebut, pipi bayi itu terbentur salah satu dinding Gua. Sehingga, dinamakanlah wisata alam ini dengan nama Goa Pindul.

Area wisata Gua Pindul, Gunungkidul (Foto: Instagram/goapindul)
Area wisata Gua Pindul, Gunungkidul (Foto: Instagram/goapindul)

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: